Tentang javascript/BAHASA PEMROGRAMAN INTERNET JAVASCRIPT



BAHASA PEMROGRAMAN INTERNET
JAVASCRIPT

JavaScript adalah sebuah Bahasa Pemrograman Internet untuk merancang Website. Jika sebelumnya Anda sudah memahami Quick Basic, Turbo Pascal atau Turbo C, maka JavaScript tidak lagi terlalu asing bagi Anda, sebab JavaScript juga menggunakan perintah if, for dan while. Dan dengan JavaScript, kita dapat membuat fungsi sendiri seperti dalam Turbo Pascal. Perintah-perintah ini disebut dengan KONTROL, dan khusus KONTROL akan kita bahas secara tersendiri pada bab berikutnya.

CuteHTML dapat menjalankan HTML maupun JavaScript. Dasar dari bahasa pemrograman JavaScript adalah HTML. Dan perintah-perintah HTML dapat digabung dengan JavaScript.

Pada bab ini kita akan belajar bagaimana bentuk SUSUNAN JAVASCRIPT, OPERATOR ARITHMATIKA, OPERATOR LOGIKA, VARIABEL, PENANGGALAN dan lain-lain. Sedangkan cara menyimpan JavaScript ke dalam hard disk atau disket, memanggil dari hard disk atau disket, menjalankan JavaScript dan lain-lain sama dengan HTML (lihat kembali BAB03 – HTML).

Semua contoh-contoh JavaScript yang ada dalam CD BUKU ini disimpan dalam folder Contoh2 JavaScript. Anda tinggal memanggil dan menjalankannya.

SUSUNAN JAVASCRIPT

Agar Anda dapat memahami JavaScript, maka Anda harus memahami HTML terlebih dahulu, sebab susunan JavaScript adalah lanjutan dari susunan HTML. JavaScript harus selalu diawali dengan perintah dan diakhiri dengan perintah . Untuk lebih jelasnya lihatlah illustrasi di bawah ini:

Program JavaScript.

Ditulis dalam huruf besar

ATAU

Program JavaScript.

Ditulis dalam huruf kecil

PERHATIAN: Beberapa perintah-perintah JavaScript adalah case sensitive, artinya JavaScript membedakan huruf besar dan huruf kecil (jadi sama seperti Turbo C). Sebagai contoh, perintah var tidak boleh ditulis dengan Var (huruf ‘v’ besar), dan juga tidak boleh ditulis VAR (semua huruf besar). Yang benar adalah var (semuanya kecil). Contoh lain, perintah new Date tidak boleh ditulis dengan new date (huruf ‘d’ kecil), juga tidak boleh ditulis dengan new DATE (‘date’ ditulis dalam huruf besar), juga tidak boleh ditulis New Date (huruf ‘n’ ditulis besar), yang benar adalah new Date. Demikian dengan new Array, sedangkan getMonth harus ditulis rapat dan huruf ‘M’ harus huruf besar), demikian dengan getYear, getDate, dan lain-lain.

OPERATOR ARITHMATIKA

Agar Anda memahami JavaScript, maka Anda harus memahami terlebih dahulu OPERATOR ARITHMATIKA JavaScript.

OPERATOR FUNGSI CONTOH
= Sama dengan A=B
+ Tambah A+B, “Teks1â€+â€Teks2â€
- Kurang A-B
* Kali A*B
/ Bagi A/B
? Perbandingan A?B:C
++ Penambahan dengan 1 i++, ++I
– Pengurangan dengan 1 i–, –I
= = Sama dengan (perbandingan) A==B (benar jika A sama dengan B dan salah jika A tidak sama dengan B)
!= Tidak sama dengan A!=B
> Lebih besar dari A>B
>= Lebih besar atau sama dengan A>=B
< Lebih kecil dari A
% Mencari sisa pembagian (modulo) A%B
+= Shorthand untuk penambahan A += 2 (Nilai A ditambah 2)
-= Shorthand untuk pengurangan A -= 2 (Nilai A dikurangi 2)
*= Shorthand untuk perkalian A *= 2 (Nilai A dikalikan 2)

HIRARKI (URUTAN PERHITUNGAN)

Urutan perhitungan dalam JavaScript sama dengan urutan perhitungan dalam Turbo Pascal atau Turbo C, yaitu yang dalam kurung terlebih dahulu, barulah perkalian dan pembagian, kemudian penambahan dan pengurangan.

Contoh:

• 2 + 3 * 6 = 2 + 18 = 20
Kenapa bisa begitu? Kenapa tidak 30? Perkalian dan pembagian dikerjakan terlebih dahulu, barulah penambahan dan pengurangan. Untuk lebih jelasnya sebagai berikut: 2+3*6 = 2 + 18, selanjutnya 2 ditambah dengan 18 sama dengan 20.

• (2 + 3) * 6 = 5 * 6 = 30
Yang ini baru 30, yang dikerjakan yang di dalam kurung terlebih dahulu: 2+3 = 5, selanjutnya 5 * 6 = 30. Sebagai contoh program, lihatlah pasal berikutnya. Atau lihat contoh dalam CD: Contoh2 JavaScript\hirarki.html.

OPERATOR LOGIKA

Operator Logika umumnya digunakan dengan perintah IF:

OPERATOR FUNGSI CONTOH
&& AND (Dipenuhi apabila kedua data memenuhi syarat). Kiki dan Koko akan menikah apabila mereka sudah memiliki mobil DAN rumah. Tiga bulan kemudian mereka memiliki mobil, apakah mereka sudah akan menikah? Jawabannya belum, karena mereka belum memiliki rumah.
|| OR (Dipenuhi apabila salah satu data memenuhi syarat). Kiki dan Koko akan menikah apabila mereka sudah memiliki mobil ATAU rumah. Tiga bulan kemudian mereka memiliki rumah, apakah mereka sudah dapat menikah? Jawabannya sudah, karena mereka sudah memiliki salah satu data, yaitu rumah.
! NOT (kebalikan dari data). Bukan pria, berarti wanita.

var

var yang merupakan singkatan dari variable adalah suatu nilai yang isinya dapat berubah-ubah.

CONTOH:
• var a = 10
• var i = 2 + 3 * 6
• var nama = “Ade Moreâ€

0 komentar:

Posting Komentar